rizka.paramitha08 On January - 27 - 2011

sambil menunggu akun yang belum diverifikasi, mari kita lihat-lihat fungsionalitas web ini yang lainnya, yaitu task searching. yang kan saya bahas di sini adalah yang bisa dilakukan tanpa melakukan login.

ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk searching. Namun banyak yang perpindahan halamnnya tidak teratur dikarenakan tidak ada petunjuk posisi user berada, sehingga membingungkan pengguna “ini tadi dari posisi mana ya, trus sekarang sudah sampai tahap apa??”. Ditambah lagi tidak adanya interaksi bagi user ke sistem seperti tombol kembali untuk kembali ke tahap sebelumnya. Berikut tahap-tahap yang bisa saya rangkum :

1. melalui menu pencarian.

Tipe pencarian yang bisa dilakukan adalah berdasarkan kategori. sehingga ada 2 kolom pencarian. Kekurangan yang saya dapatkan adalah list kategori yang terlalu panjang dan tidak terkategori dengan baik, atau disusun sangat acak berdasarkan jenis produk, namun urut berdasarkan alphabet. Berikut ini tampilannya :

Barang apapun yang diketikkan dalam pencarian akan memberikan hasil yang sama. yaitu tidak ada barang yang ditemukan dan akan menampilkan halaman baru seperti berikut :

Ada tiga menu yang tampil, yaitu menu Semua Tampil, Barang Lelag, dan Beli Sekarang. Isi menu Semua Tampil dan Beli Sekarang sama, tidak ada perbedaan, sedangkan isi menu Barang Lelang berbeda, hanya untuk barang-barang yang dijual lelang dan umumnya stok yang sudah tidak dijual lagi masih ditampilkan.

Setelah memilih produk yang tersedia (urutan produk pun sangat acak, tidak dikelompokkan berdasarkan jenis produknya) maka akan keluar deskripsi produk yang lebih rinci seperti ini :

Jika tertarik terhadap produk ini, maka pengguna bisa melakukan pembelian dengan melakukan klik pada tombol klik dan jika belum terdaftar, bisa melakukan registrasi/login. Visualisai informasi yang diberikan pada halaman yang pertama muncul hanya berupa satu gambar tampak depan dari produk, harga, dan durasi waktu pembelian dan beberapa pemberitahuan lain mengenai lokasi penjualan dan cara pembayaran. Pembayaran hanya bisa dilakukan via transfer bank dan hanya bisa dilakukan pada 1 bank saja, yaitu bank BCA yang notabene bukan merupakan bank dalam satu regu ATM bersama, hal ini pun bisa menyulitkan pengguna yang tidak memiliki rekening di bank BCA.

Penjelasan lebih lanjut megenai transaksi yang bisa dilakukan harus menggunakan scrolling ke bawah yang cukup panjang. Tampilannya sebagai berikut :

Semua penjelasan yang diberikan tidak ada yang memberikan kejelasan. Terutama di “Packing dan Pengiriman” serta “Siap Melakukan transaksi?”.

Tidak ada penjelasan rinci dan pilihan bagi pembeli untuk memilih jasa pengiriman apa yang diinginkan dan bagaimana proses pengiriman yang diinginkan. Pada penjelasan “Siap Melakukan Transaksi?” pun, dari judulnya sudah mengajak pengguna untuk melakukan pembelian, namun tidak ada sarana untuk melakukan trasnsaks pada bagian ini, jika ingin melakukan transaksi harus kembali ke halaman paling atas dan melakukan klik pada tombol beli.

2. Pencarian yang lain adalah melalui menu kategori yang berada di side kiri halaman home, hanya ada di side kiri halaman home.

List yang tersedia sangatlah panjang dan sama seperti pada menu search di poin 1 di atas, sangat tidak teratur dan tidak dikelompokkan, hanya diurutkan berdasarkan abjad.  Bahkan ada kategori “Lain-Lainnya” yang sebaiknya tidak ada.

Tahap selanjutnya sama dengan poin 1 setelah di klik kategori yang dipilih, maka akan di “lari”kan ke halaman berikut :



3. pada menu beli pengguna pun diberikan halaman yang memuan kategori lagi. Sama dengan list kategori pada pin 2 dan 1 di atas, kategori yang ada sangat banyak.

Tahap berikutnya sama dengan poin 2.

Secara Task Efficiency, saya beri nilai 5, hal ini dikarenakan task yang tidak terlalu panjang namun ada pengurangan nilai ketika hasil pencarian dioper-oper.

Interaksi antara pengguna dan web saya beri nilai 0. Karena sangat tidak jelas bagi calon pembeli untuk elakukan transaksi. penjelasan yang diberikan tidak memadai sehingga kenyamanan dan kepercayaan pembeli tidak didapatkan.

Konsistensi tampilan saya beri nilai 5. karena banyak kejadian halaman pencarian di “lempar-lempar”, dan tampilannya pun berubah-ubah.

Untuk keamanan bagi pengguna mungkin kurangnya hanya di jaminan bagi pengguna untuk melakukan pembelian pada sistem ini yang tidak ada. sehingga bisa mengakibatkan fungsi utama dari web ini tidak bisa digunakan secara maksimal.

Sekian evaluasi mengenai web e-commerce Grocer-e.com ini. Semoga bisa diambil manfaatnya.

http://www.grocer-e.com

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Sponsors