rizka.paramitha08 On January - 27 - 2011

Meneruskan tulisan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai karakteristik web e-commerce Grocer-e.com.

Ada banyak karakteristik web yang diungkapkan Galitz pada bukunya The Essential Guide to User Interface Design. Namun kali ini saya akan membahas beberapa karakteristik web yang baik dan saya rasa relevan terhadap web Grocer-e.com ini. Yaitu,

1. task effieciency

2. consistency

3. interaction

4. Security

Berdasarkan 4 poin di atas, akan saya sesuaikan terhadap web e-commerce ini, yaitu melihat dari segi tujuan utama web ini, menjual produk.

Sebelumnya saya memaparkan mengenai tampilan dari web ini sebelum kita melakukan registrasi. Ternyata tidak banyak yang bisa dilakukan sebelum kita melakukan registrasi. Sekarang, akan kita coba melakukan registrasi, dan mari kita lihat seberapa panjang task yang diberikan untuk melakukan registrasi.

Ada 4 tahap yang harus dilalui.

1. Mendaftarkan identitas diri. Ada satu hal yang saya anggap kurang, yaitu pada kolom memasukkan nomor Handphone. ada 2 kolom tanpa ada pemeritahuan kolom ini bedanya apa. karena pada kolom pertama bisa memasukkan angka sampai lebih dari space yang tersedia.

Tahap 1

2. Tahap kedua memasukkan username dan password yang ingin digunakan

Tahap 2

3. Tahap ketiga pengguna di suruh memilih ingin menggunakan paket apa. Free, Golden, ataukah Platinum.

Tahap 3

4. Tahap terakhir adalah pemberitahuan bahwa registrasi berhasil dan pengguna diharapkan melalukan verifikasi pada melalui email.

Tahap 4

Ada hal yang saya tidak suka dari proses registrasi ini. Yaitu bagi member yang FREE, verifikasi akun tidak bisa dilakukan secara otomatis. harus menunggu terlebih dahulu untuk di accept oleh admin. Hal ini memakan waktu yang lama. Berikut cuplikan email verifikasi yang saya terima :


Hal ini mengurangi ke efektifan web ini. Selain pengguna harus login terlebih dahulu untuk melakukan pembelian meskipun hanya sekedar lihat-lihat, pengguna pun jadi terpaksa menunggu untuk di verifikasi jika mendaftar sebagai FREE member.

Secara Interaksi pun sangat kurang. Tidak ada tombol untuk pembatalan/untuk kembali ke halaman sebelumnya.  Namun untuk kekonsitenan tampilan saya rasa cukup baik. Meskipun saya masih lebih memilih tampilan yang tidak full pada layar.

Sekian dulu review ini. Karena saya terpaksa menunggu akun saya di verifikasi terlebih dahulu..

Mari menunggu.. ~_~

Meneruskan tulisan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai karakteristik web e-commerce Grocer-e.com.

Ada banyak karakteristik web yang diungkapkan Galitz pada bukunya The Essential Guide to User Interface Design. Namun kali ini saya akan membahas beberapa karakteristik web yang baik dan saya rasa relevan terhadap web Grocer-e.com ini. Yaitu,

1. task effieciency

2. consistency

3. security

4. interaction

Berdasarkan 4 poin di atas, akan saya sesuaikan terhadap web e-commerce ini, yaitu melihat dari segi tujuan utama web ini, menjual produk.

Meneruskan tulisan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai karakteristik web e-commerce Grocer-e.com.

Ada banyak karakteristik web yang diungkapkan Galitz pada bukunya The Essential Guide to User Interface Design. Namun kali ini saya akan membahas beberapa karakteristik web yang baik dan saya rasa relevan terhadap web Grocer-e.com ini. Yaitu,

1. task effieciency

2. consistency

3. security

4. interaction

Berdasarkan 4 poin di atas, akan saya sesuaikan terhadap web e-commerce ini, yaitu melihat dari segi tujuan utama web ini, menjual produk.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Sponsors