rizka.paramitha08 On January - 25 - 2011

Grocer-e merupakan salah satu web berbasis e-commerce yang ada di Indonesia. produk-produk yang dijual tidak spesifik terhadap satu jenis barang tertentu ataupun satu merek barang tertentu. Fungsi dari web ini sendiri adalah menjual segala jenis barang yang dijual oleh partner-partnernya. Dengan kata lain Grocer-e.com hanya berperan sebagai perantara berbagai perusahaan ataupun penjual untuk memasarkan serta membantu dalam penjualannya.

Kali ini akan dibahas mengenai tampilan web secara keseluruhan sebelum registrasi  menjadi member/belum melakukan login. Ada 6 menu utama, yaitu Home, Jual, Beli, My Grocer-e, Toko, dan Bantuan. Tampilan muka/Home dari web ini seperti gambar di atas. Model tampilannya menggunakan side kiri berisi menu login, register, dan kategori. Pada halaman ini terdapat berbagai macam visualisasi iklan. Mulai dari iklan berbentuk foto menggunakan j-query (seperti di halaman awal di atas), iklan tulisan berjalan, sampai deskripsi singkat produk-produk yang dijual berupa foto dan harga.

Ada beberapa koreksi tampilan yang saya temukan..

  1. Tampilan iklan berjalan. Pada tanggal 25 Desember 2010 tampilan iklan berjalan tidak terbaca, dikarenakan ada background yang berwarna kontras dengan warna huruf. Namun ketika saya buka lagi tanggal 25 Januari 2011 tampilan iklan berjalan itu sudah berganti lebih efeltif, yaitu dengan menghilangkan backgroundnya.

per tanggal 25 Desember 2010

per tanggal 25 Januari 2011

2. Terdapat ketidakkonsistenan tampilan.

Pada menu Home, tampilan web tidak memenuhi sepanjang layar monitor, terlihat lebih rapi, namun pada menu-menu yang lain tampilannya berubah, yaitu menjadi sebesar layar monitor.

Header pada menu Home

Header pada menu selain  Home

3.  Sebelum melakukan login, menu selain Home tidak menampilkan isi dari halaman menu, melainkan hanya merujuk agar pengguna melakukan login. Hal ini bisa mengakibatkan berkurangnya daya tarik website sehingga mengakibatkan juga berkurangnya keinginan pengguna untuk melakukan registrasi.

4.  Space iklan berupa  deskripsi singkat produk sudah cukup baik, namun ada satu kalimat warning yang saya masih belum mengerti masudnya apa. seperti yang saya lingkari di bawah ini. Hampir semua produk yang diiklankan ada kalimat ini. Kalau yang dimaksud adalah stok produk telah habis atau pemesanan tidak bisa dilakukan lagi, untuk apa iklan ini ditampilkan.

5. tidak ada pemberitahuan posisi pengguna sekarang berada di mana. Tidak ada perubahan warna pada menu yang sedang aktif.

Secara keseluruhan, saya memberi nilai 3 pada selang 0-10 untuk tampilan web e-commerce ini.

Sekian dahulu penjelasan singkat mengenai tampilan sebagai pengguna tak terdaftar dari web e-commerce Grocer-e.com

2 Responses so far.

  1. hehe baru nemu yang kayak gini… “durasi penawaran telah habis”, terasa sangat aneh sekali…

  2. aga says:

    blog singkat tepat dan padat ni ka haha..
    kalo pake metode heuristic evaluation pasti banyak yang bisa diulas nih.
    apalagi yang poin consistency and standards, situs yang ngga konsisten sama tema e-commerce-nya ga dapet. Soalnya pas mau milih apa yang mau dibeli malah data tidak ditemukan haha

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

Sponsors